Terancam Royalti Rp 1 Miliar, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Akhirnya Minta Maaf ke Andika Kangen Band

Author
Published April 26, 2022
Terancam Royalti Rp 1 Miliar, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Akhirnya Minta Maaf ke Andika Kangen Band
Tri Suaka dan Zidan

Penyanyi cover yang viral Tr Suaka dan Zinidin Zidan diancam dengan Rp. 1 Milyar Ini akibat kelakuannya mengolok-olok gaya bernyanyi Andika Kangen Band.

Tidak hanya kena somasi pengacara Andika Kangen Band, mereka juga diminta pembayaran royalti satu miliar rupiah oleh Forum Hubungan Seniman Indonesia Minang (FORKAMI).

Erwin Agam pun meminta duo cover viral ini membayar royalti selaku pencipta lagu Emas Hantaran, dan band Jogja Ngatmombilung, karena mereka sempat membawakan lagu tersebut.

Menurut Erwin Agam, pihaknya mengirimkan surat kepada Tri Suaka dan Zinidin Zidan tentang lagu  Imas Hantaran. Alih-alih mendapatkan respons yang baik, mereka berdua memilih untuk menonaktifkan monetisasi.

"Satu lagi! Kalian enggak bayar pemakaian lagu saya (Emas Hantaran) yang mencapai jutaan viewers," tulis Erwin Agam di Facebook.

Dia menekankan lagi: "Dihubungi manajer saya untuk kerja sama malah kalian matikan monetize konten tersebut. Kalian tak beretika,"

Ngatmombilung juga merasakan hal yang sama. Mereka mengaku pada tahun 2020, gitaris band mereka menegur Tri Suaka untuk izin mengcover lagu, tetapi diabaikan.

“2020 pernah berurusan dengan bassist kami karena cover tidak pernah izin. Tidak kaget kalau sekarang masalah seperti ini mencuat. Sudah ah bosen” katanya.

Kini duo cover yang viral tersebut harus menghadapi ancaman tersebut dengan membayar royalti atas lagu-lagu yang mereka cover. Mereka bahkan diminta untuk meminta maaf kepada Andika Kangen Band.

Tri Suaka dikenal sebagai orang pertama yang meminta maaf kepada Andika atas kekacauan yang dilakukannya beberapa hari terakhir. Sementara itu, Zidan justru bertahan di kantornya, tidak mau mengakui kesalahannya, malah mengatakan bahwa netizen sengaja mengangkat isu tersebut.

Namun, Zidan akhirnya meminta maaf tak lama setelah diberikan somasi. Mereka terancam harus membayar royalti sebesar 1 Milyar rupiah.

"Saya mohon maaf dari lubuk hati saya dari dalam dan saya harap ini menjadi pelajaran bagi Zidan," kata Zidan.

Sumber: okezone.com

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads